Advertisement

EasyQuizzy - Aplikasi untuk guru membuat soal model UNBK




Saat ini kemajuan teknologi telah merambah berbagai macam bidang kegiatan manusia. Tak terkecuali dunia pendidikan. Kalau dulu untuk mengikuti ujian semester atau ujian akhir nasional para siswa diminta untuk membawa pensil, penghapus dan papan sebagai alas kertas jawabannya, sekarang sudah tidak dibutuhkan lagi. Karena ujiannya dilakukan menggunakan komputer dan melalui jaringan internet.


Sebagai tenaga pengajar, salah satu harapan saya saat ini adalah menjadikan para siswa saya sebagai peraih nilai terbaik dalam ujian nasional yang diselenggarakan Pemerintah. Karena ujian yang akan diselenggarakan nanti benar-benar membutuhkan persiapan yang matang dari siswa, berarti saya harus membantu mereka dalam persiapan tersebut.

Bagi saya, kunci dari keberhasilan belajar salah satunya adalah latihan. Dan khusus untuk melatih para siswa menghadapi ujian nasional, saya memberi mereka soal-soal latihan yang menggunakan media komputer. Sengaja saya buat model simulasi UNBK agar mereka terbiasa nantinya. Jadi para siswa tidak harus memulai ujian dengan pengenalan perangkat, yang nantinya akan sangat menyita waktu mereka dalam mengerjakan soal-soal ujian.

Dalam membuat soal-soal latihan simulasi UNBK ini saya menggunakan sebuah aplikasi ang berjalan pada sistem operasi Windows 10. Aplikasinya bernama EasyQuizzy. Aplikasi buatan Ukraina ini termasuk sangat lengkap dalam format pembuatan model soal. Bisa untuk soal Benar-Salah, Pilhan berganda, Soal mencocokkan, soal dengan beberapa jawaban, dan soal dengan jawaban singkat, dengan jumlah soal yang tidak terbatas.

Walaupun lengkap, EasyQuizzy tergolong aplikasi yang sederhana dan sangat mudah dalam penggunaan. Dalam pembuatan soal kita bisa Menggunakan format huruf, atau juga ditambahkan gambar-gambar pendukung. 

Setelan atau setting untuk pembuatan kuis termasuk mudah juga. Didalam aplikasi ini ada 3 jendela pengaturan, yang pertama untuk memberi judul Tes atau soal, Deskripsi soal dan pembuat soal. Jendela kedua untuk membuat berkas soal-soal. Dan jendela yang ketiga berisi pengaturan bagaimana soal ditampilkan, bagaimana penilaiannya, dan berapa lama waktu yang disediakan untuk menyelesaikan soal-soal yang kita buat.

Apabila telah selesai, soal-soal yang telah kita buat dapat disimpan dalam 3 jenis format berkas, xml, txt, dan exe, yaitu berkas aplikasi Windows yang nantinya akan diinstal pada perangkat siswa yang akan menjalani test.

Hasil ujian akan langsung ditampilkan ketika ujian telah diselesaikan. Untuk penyerahan pada guru, hasil ujian juga dapat ditampilkan dalam beberapa format yaitu, RTF, PDF, atau bisa juga dicetak langsung. Dan guru dapat langsung mengambil nilai dari ujian yang baru saja dijalankan. 


Untuk Tutorial lengkap penggunaan EasyQuizzy sudah saya buatkan. Silahkan kunjungi halaman ini.

Bagi saya, aplikasi ini benar-benar sangat membantu. Disamping melatih siswa agar terbiasa dengan model ujian berbasis komputer, juga bisa lebih menhemat waktu dalam membuat soal-soal ulangan harian karena bisa dibuat acak dan sekali waktu pembuatan.

Bagi yang tertarik untuk menggunakan aplikasi EasyQuizzy, bisa diDownload pada situsnya disini. Ada 2 versi, gratis dan berbayar seharga $25.Untuk versi gratisnya bisa didownload disini. Atau apabila ingin sekedar mencoba, bisa didownload disini.

Semoga bermanfaat...


Posting Komentar

4 Komentar

  1. Pak, bisa gak aplikasi ini untuk window 7, 32 bit? Mohon pencerahannya, terimakasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa mas, saya sudah coba di Windows 7 32 bit

      Hapus
  2. Pak sudah saya coba instal yg gratisan, tapi dalam proses selalu meminta kode Lisensinya. tolong bagi kodenya ya pak. ini untuk latihan membuat soal tingkat SMP. Terimakasih atas bantuannya pak, semoga bapak dan keluarga sehat selalu.Amin.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa dicoba kesini mas: https://t.me/fontgratis/1715

      Hapus

Harap berkomentar dengan bahasa yang sopan