Advertisement

Surat Syaikh Muhammad Ibnu Abdil Wahhab Kepada Al Bakbali Penguasa Yaman (3)

وحقيقة اعتقادنا: أنها تصديق بالقلب، وإقرار باللسان، وعمل بالجوارح، وإلا فالمنافقون في الدرك الأسفل من النار، مع أنهم يقولون: لا إله إلا الله، بل ويقيمون الصلاة، ويؤتون الزكاة، بل ويصومون، ويحجون، ويجاهدون، وهم مع ذلك تحت آل فرعون، في الدرك الأسفل من النار. وكذلك ما قص الله سبحانه عن بلعام، وضرب له مثلا بالكلب، مع ما معه من العلم، فضلا عن الاسم الأعظم.

Adapun hakikat keyakinan kami: Bahwa keyakinan itu adalah pembenaran dengan hati, penetapan dengan lisan, amalan dengan Anggota badan, dan kaum munafikin itu berada di kerak neraka yang paling bawah meskipun mereka mengucapkan Laa Ilaaha Illallah bahkan mendirikan shalat, berzakat, berpuasa, berhaji, serta berjihad, meskipun demikian mereka berada di bawah keluarga Fir'aun di kerak neraka yang paling bawah. Begitu juga yang Allah ceritakan tentang Bul'am, Allah menyerupakannya dengan anjing meskipun dia memiliki ilmu dan nama yang agung.




وعالم بعلمه لم يعملن ... معذب من قبل عباد الوثن

Seorang alim yang tidak mengamalkan ilmunya, Akan diadzab sebelum para penyembah berhala

وأما ما ذكرتم من حقيقة الاجتهاد، فنحن مقلدون الكتاب والسنة، وصالح سلف الأمة، وما عليه الاعتماد، من أقوال الأئمة الأربعة: أبي حنيفة النعمان بن ثابت، ومالك بن أنس، ومحمد بن إدريس، وأحمد بن حنبل، رحمهم الله تعالى.

Adapun apa yang kalian sebutkan tentang hakikat Ijtihad, maka kami adalah orang yang taklid kepada Al Kitab dan As Sunnah, generasi salaf umat ini yang Shalih, dan apa yang menjadi sandaran berupa perkataan para Imam yang empat: Abu Hanifah An Nu'man bin Tsabit, Malik bin Anas, Muhammad bin Idris, Ahmad bin Hambal, rahimahumullah Ta'ala.

وأما ما سألتم عنه من حقيقة الإيمان؟ فهو: التصديق، وأنه يزيد بالأعمال الصالحة، وينقص بضدها، قال الله تعالى: {وَيَزْدَادَ الَّذِينَ آمَنُوا إِيمَاناً} [المدثر آية: 31] . وقوله: {فَأَمَّا الَّذِينَ آمَنُوا فَزَادَتْهُمْ إِيمَاناً وَهُمْ يَسْتَبْشِرُونَ} ، [التوبة:124] . وقوله تعالى: {إِنَّمَا الْمُؤْمِنُونَ الَّذِينَ إِذَا ذُكِرَ اللَّهُ وَجِلَتْ قُلُوبُهُمْ وَإِذَا تُلِيَتْ عَلَيْهِمْ آيَاتُهُ زَادَتْهُمْ إِيمَاناً}،[الأنفال:2]، وغير ذلك من الآيات،

Adapun apa yang kalian tanyakan tentang hakikat keimanan?

Maka dia adalah pembenaran, bisa bertambah dengan amal amal Shalih, berkurang dengan lawan dari amal Shalih, Allah Ta'ala berfirman: "Agar orang orang yang beriman bertambah imannya."(Al Mudatsir:31). Begitu juga firman-Nya: "Adapun orang orang yang beriman maka surat itu menambah iman mereka serta mereka merasa bergembira."(At Taubah:124). Begitu juga firman-Nya: "Sesungguhnya orang orang yang beriman itu hanyalah orang orang yang jika disebut nama Allah bergetarlah hati mereka, jika dibacakan kepada mereka ayat ayat-Nya bertambahlah keimanan mereka."(Al Anfal:2). Dan selain itu dari ayat ayat.

قال الشيبانِي، رحمه الله:

Asy Syaibani rahimahullah berkata:

وإيماننا: قول وفعل ونية ويزداد ... بالتقوى وينقص بالردى

Iman kami adalah : perkataan, perbuatan, dan niat serta bertambah, dengan takwa dan berkurang dengan maksiat

وقوله صلى الله عليه وسلم: " الإيمان بضع وسبعون شعبة، أعلاها: قول لا إله إلا الله، وأدناها: إماطة الأذى عن الطريق "، وقوله صلى الله عليه وسلم: " فإن لم يستطع فبقلبه، وذلك أضعف الإيمان " وقوله تعالى: {وَمَنْ يُرِدْ فِيهِ بِإِلْحَادٍ بِظُلْمٍ نُذِقْهُ مِنْ عَذَابٍ أَلِيمٍ وَإِذْ بَوَّأْنَا لِإِبْرَاهِيمَ مَكَانَ الْبَيْتِ أَنْ لا تُشْرِكْ بِي شَيْئاً وَطَهِّرْ بَيْتِيَ لِلطَّائِفِينَ وَالْقَائِمِينَ وَالرُّكَّعِ السُّجُودِ}، [الحج:25-26]،

Juga sabda-Nya Shalallahu alaihi wasallam: "Iman itu tujuh puluh sekian cabang, yang paling tinggi adalah ucapan La Ilaaha Illallah, yang paling rendah adalah menyingkirkan duri dari jalan." Begitu juga sabdanya Shallallahu 'alaihi wasallam: "Jika belum mampu maka dengan hatinya dan itulah selemah lemah iman." Begitu juga firman-Nya Ta'ala: "Barangsiapa yang bermaksud berbuat kejahatan secara dzalim di dalamnya, niscaya kami rasakan kepadanya siksa yang pedih, dan ingatlah ketika kami tempatkan Ibrahim di tempat baitullah (dengan mengatakan) janganlah kamu menyekutukan aku dan sucikanlah rumahku bagi orang orang yang thawaf, beribadah, ruku' dan sujud."(Al Hajj:25-26).

Posting Komentar

0 Komentar