Advertisement

Surat Syaikh Muhammad Ibnu Abdil Wahhab Kepada Al Bakbali Penguasa Yaman (1)

[رسالة الشيخ ابن عبد الوهاب إلى البكبلي صاحب اليمن]

[Surat Syaikh Muhammad Ibnu Abdil Wahhab Kepada Al Bakbali Penguasa Yaman]

بسم الله الرحمن الرحيم

الحمد لله الذي نزل الحق في الكتاب، وجعله تذكرة لأولي الألباب، ووفق مَنْ مَنَّ عليه من عباده للصواب، لعنوان الجواب، وصلى الله وسلم، وبارك على نبيه، ورسوله، وخيرته من خلقه، محمد، وعلى آله، وشيعته، وجميع الأصحاب، ما طلع نجم وغاب، وانهل وابل من سحاب.



Segala puji hanya bagi Allah yang menurunkan Al Haq di dalam Al Kitab, dan menjadikannya pengingat bagi orang yang mempunyai akal, dan Yang memberikan Taufik kepada kebenaran bagi siapa saja dari kalangan hamba-Nya, dan semoga Allah mencurahkan shalawat, salam, serta Barakah kepada Nabi, Rasul, Hamba pilihan yang terbaik dari makhluk-Nya, Muhammad begitu juga kepada keluarga, pengikut, dan semua sahabatnya,

من عبد العزيز بن محمد بن سعود، ومحمد بن عبد الوهاب:

Dari Abdul Aziz Ibnu Muhammad Ibnu Su'ud dan Muhammad Ibnu Abdil Wahhab:

إلى الأخ في الله: أحمد بن محمد العديلي البكبلي سلمه الله من جميع الآفات، واستعمله بالباقيات الصالحات، وحفظه من جميع البليات، وضاعف له الحسنات، ومحا عنه السيئات، سلام عليكم ورحمة الله وبركاته.

Kepada Al Akh Fillah: Ahmad Ibnu Muhammad Al Udailiy Al Bakbaliy semoga Allah menyelamatkan nya dari segala bencana, dan semoga Allah menggunakannya sebagai amal Shalih yang terus menerus, serta semoga Allah menjaganya dari semua musibah, dan melipat gandakan kebaikannya, menghapus kesalahannya, Salamun Alaikum Warahmatullah Wabarakatuh.

أما بعد: لفانا كتابكم، وسر الخاطر بما ذكرتم فيه، من سؤالكم، وما بلغنا على البعد، من أخباركم، وسؤالكم عما نحن عليه، وما دعونا الناس إليه، فأردنا أن نكشف عنكم الشبهة بالتفصيل، ونوضح لكم القول الراجح بالدليل، ونسأل الله سبحانه وتعالى أن يسلك بنا وبكم، أحسن منهج وسبيل.

Amma Ba'du: kami telah memeriksa tulisanmu, dan inti yang kamu sebutkan di dalamnya, berupa pertanyaanmu, dan apa yang sampai kepada kami dari jauh, tentang kabar kalian, pertanyaan kalian tentang apa yang kami anut, apa yang kami seru kepada manusia. Maka kami ingin menyingkap syubhat yang ada pada kalian secara rinci, kami akan terangkan kepada kalian perkataan yang lebih kuat dengan dalil, dan kami memohon kepada Allah Subhanahu wa Ta'ala agar membimbing kita dan kalian di atas Manhaj dan Jalan yang terbaik.

أما ما نحن عليه من الدين؟ فعلى دين الإسلام، الذي قال الله فيه: {وَمَنْ يَبْتَغِ غَيْرَ الإسْلامِ دِيناً فَلَنْ يُقْبَلَ مِنْهُ وَهُوَ فِي الآخِرَةِ مِنَ الْخَاسِرِينَ} [سورة آل عمران آية: 85] .

Adapun apa yang kami anut dari Dien ini?

Maka kami menganut dinul Islam yang mana Allah berfirman tentangnya: "Barangsiapa yang mencari selain Islam sebagai Dien maka tidak akan diterima darinya dan dia di akhirat termasuk orang orang yang merugi." (Ali Imran:85).

وأما ما دعونا الناس إليه؟ فندعوهم إلى التوحيد، الذي قال الله فيه خطابا لنبيه صلى الله عليه وسلم: {قُلْ هَذِهِ سَبِيلِي أَدْعُو إِلَى اللَّهِ عَلَى بَصِيرَةٍ أَنَا وَمَنِ اتَّبَعَنِي وَسُبْحَانَ اللَّهِ وَمَا أَنَا مِنَ الْمُشْرِكِينَ} [سورة يوسف آية: 108] ، وقوله تعالى: {وَأَنَّ الْمَسَاجِدَ لِلَّهِ فَلا تَدْعُو مَعَ اللَّهِ أَحَداً} [سورة الجن آية: 18] .

Adapun apa yang kami serukan kepada manusia?

Maka kami menyeru mereka kepada Tauhid yang mana Allah berfirman tentangnya sembari mengkhitabi Nabi-Nya Shallallahu 'alaihi wasallam: "Katakanlah (Muhammad), inilah jalanku, aku dan orang orang yang mengikutiku menyeru kepada Allah di atas Bashirah (ilmu) dan Maha Suci Allah serta aku bukanlah termasuk orang orang musyrik." (Yusuf:108). Begitu juga firman-Nya: "Dan Masjid Masjid itu milik Allah, maka janganlah kalian menyeru seorangpun bersama Allah." (Al Jin:18).

Posting Komentar

0 Komentar