Advertisement

Aplikasi untuk internetan secara anonymous menggunakan android




Pertanyaan ini sebenarnya bukanlah pertanyaan baru, mengingat android juga bukan sistem operasi yang baru dikenal. Saat ini hampir semua orang sudah mengenal dan mengggunakan sistem operasi ini pada perangkat telepon genggam, gadget, maupun aksesoris pribadi. Sistem operasi milik google ini awalnya dikenal melalui AOSP (Android Open source Project) dengan kode sumber (Sourcecode) nya yang bebas terbuka. Hal inilah yang menjadi salah satu menyebabkan kenapa perkembangan android begitu pesat.


Bagi pegiat teknologi informasi, kehadiran perusahan raksasa pada dunia teknologi informasi biasanya justru diterima dengan penuh curiga. Hal ini bukan tanpa alasan, karena hampir semua perusahaan IT yang pernah ada selalu akan berupaya untuk menguasai dan memonopoli dunia IT pada saat mereka telah cukup kuat. Sumber informasi teknologi yang dikuasai oleh segelintir elite atau kelompok tertentu adalah sebuah pelanggaran bagi perkembangan ilmu pengetahuan. Karena kaidahnya ilmu pengetahuan harus bisa diakses oleh siapapun dan dimanapun dan digunakan untuk kemajuan ummat manusia. Ketika sebuah perusahaan besar telah menguasai bidang tertentu, maka kebebasan adalah hal pertama yang terancam karena kepentingan yang bemain adalah keuntungan bagi perusahaan tersebut. 

Tanpa terkecuali pada sistem operasi android. Banyak ahli IT yang menganggap bahwa semua pengguna Android standar keluaran google telah dimata-matai dan diakses informasinya oleh google tanpa ijin pengguna android yang bersangkutan. Jadi, hampir semua aktifitas pengguna android didunia ini mulai dari lokasi, identitas pribadi, hingga jalur akses internet pengguna android diketahui oleh google. Jadi jika pertanyaannya adalah, Apakah bisa mengakses internet tanpadiketahui oleh pihak lain pada perangkat android? Jawabannya mungkin, tapi tidak semudah itu.

Beberapa hal yang dilakukan untuk bisa lepas dari “cengkeraman” google bisa dilihat disini.
Beberapa aplikasi android yang bisa digunakan untuk berinternet secara anonymous bisa diunduh disini

Posting Komentar

0 Komentar