Advertisement

Kenapa harus Mode siluman atau Anonymous?




Kenapa harus “Mode siluman (Anonymous)”?

Menurut saya, ada 3 hal yang menjadi alasan kenapa seseorang perlu ada dalam “mode siluman” ketika berselancar diinternet.


1.       Untuk menerobos pengekangan berinternet

Harus kita akui, bahwa kebebasan dalam mengakses internet tidak selalu baik. Banyak kejahatan dan kerusakan yang ditimbulkan justru karena adanya kebebasan (Diterjemahkan sebagai:Kebablasan) internet. Mulai dari perdagangan manusia, transaksi barang haram, sampai pornografi. Akan tetapi, dunia maya adalah dunia dimana semua orang dapat membagi dan mendapatkan semua informasi yang dibutuhkannya tanpa dihalangi dan dibelenggu oleh siapapun.
Mengapa seseorang melakukan penerobosan dari pembatasan internet ini?

Ada beberapa alasan kenapa hal ini dilakukan.
-          Untuk megakses atau mengedarkan konten yang dilarang dinegaranya, baik dalam hal positif maupun negatif
-          Sebagai bentuk perlawanan terhadap pengekangan yang dialaminya

2.       Untuk alasan keamanan

Semakin besar dan luasnya penggunaan internet ternyata berbanding lurus dengan bahaya yang ditimbulkan. Internet memang mirip buah simalakama; dibiarkan bebas tanpa batas sangat berbahaya, terlalu dibatasi juga bisa berakibat buruk bagi kehidupan sosial didunia nyata. Karena diakui atau tidak, hampir semua aspek yang berjalan didunia nyata saat ini berhubungan dengan internet. Mulai dari ekonomi sampai pendidikan.

Tingginya akses internet ini juga digunakan oleh orang-orang yang tdiak baik untuk keperluan yang tidak baik. Sebut saja penyebaran malware dan spyware yang disebarkan dengan memiliki kemampuan untuk mencuri data pribadi dari pengguna internet. Spyware maupun malware tadi akan terunduh dan aktif secara otomatis ketika seorang pengguna internet mengklik atau mengakses halaman tertentu. Lalu kemudian  data pribadi yang dicuri tersebut si penyebar spyware tadi akan dapat mengakses semua akun yang membutuhkan data pribadi, misalnya digunakan untuk melakukan pemindahan uang yang ada pada rekening korban kerekening si pencuri.

Hal ini bisa disiasati dengan mengakses internet dalam mode siluman. Karena ketika pengguna mengakses suatu halaman tertentu yang sudah dipasangi jebakan spyware tadi, spyware tadi tidak dapat mendeteksi.

Beberapa alasan lain kenapa seseorang ingin tampil Anonymous didunia maya adalah :
-          Tidak ingin terdeteksi atau diketahui oleh pihak-pihak jahat yang ada diinternet
-          Tidak ingin diketahui oleh Pemerintah atau pihak yang menerapkan pembatasan internet

Dalam ragka ujicoba dan belajar

bagi para praktisi atau merek ayang bekerja dibidang kemanan internet, menguji dan mempelajari sebuah program keamanan ini adalah sebuah kebutuhan. Seorang pegiat keamanan internet misalnya, bagaimana dia akan mengetahui bahwa program pelacak yang dibuatnya bekerja dengan sempurna tanpa melakukan uji coba? nah, dalam melakukan uji coba ini ada yang menggunakan metode anonymous atau metode agar tidak terlacak.

Ajang pamer

Masih sedemikian pentingnya bagi beberapa orang untuk menunjukkan betapa dia mampu melewati apa yang dianggap oleh orang lain sebagai penghalang. Tindakan pamer keterampilan ini biasanya dilakukan oleh mereka yang masih berusia remaja, atau mereka yang baru mengenal duina keamanan internet. 

Menurut saya, itulah beberapa alasan seseorang tidak ingin diketahui atau tampil anonymous ketika sedang mengkases internet. Bagi saya pribadi, alasan-alasan tersebut adalah alasan-alasan yang positif, jika digunakan untuk tujuan positif.

Lalu bagaimana caranya agar tampil Anonymous diinternet? Silahkan dilanjutkan bacanya....

Posting Komentar

0 Komentar