Advertisement

Bagaimana agar bisa Anonymous di internet?




Kebebasan internet sekarang ini adalah suatu keniscayaan. Internet telah menjadi kebutuhan hampir disetiap aspek kehidupan manusia. Pembatasan internet adalah suatu hal yang akan berdaampak pada terganggunya tatanan sosial masyarakat modern.


Namun apa jadinya bila kita hidup dinegara dengan pemerintahnya yang memberlakukan kebijakan pembatasan akses internet? Dan saya tidak menganggap bahwa pembatasan akses internet ini adalah hal yang buruk, karena menurut saya pribadi akses internet tanpa batas itulah justru yang sangat berbahaya bagi penggunanya.

Tapi bila pembatasan ini terjadi, tentu akan selalu ada upaya untuk dapat mengakses hal-hal yang dilarang atau dibatasi tersebut. Diantaranya adalah dengan mode anonymous ketika mengakses internet.

Ada beberapa cara yang dapat dilakukan agar sesorang bisa berlenggang didunia maya tanpa diketahui oleh pihak lain.

1.       Menggunakan Sistem operasi tertentu

Beberapa sistem operasi sengaja dibuat untuk dapat tampil anonymous didunia maya. Sistem operasi seperti ini adalah sistem operasi yang diperkuat pada sistemnya agar tidak dapat dideteksi ketika mengakses internet. Misalnya saja Tails. Tails adalah sistem operasi berbasis Debian yang bertujuan untuk menjaga privasi dan menghindari sensor pada negara atau wilayah dimana internet diakses.Dengan menggunakan Tails, seseorang dapat memilih ketika mengakses internet, apakah dia ingin meninggalkan atau mode siluman. Hal ini dimungkinkan karena Tails telah dilengkapi dengan program TOR sebagai aplikasi internet bawaannya.

Dan ada juga sistem operasi yang memang memiliki sistem keamanan tersendiri sehingga dapat menyaring kapan dan dimana kehadirannya boleh diketahui ketika mengakses internet. Salah satu contoh sistem operasi yang seperti ini adalah TrueOS.
TrueOS adalah sebuah sistem operasi berbasis FreeBSD yang pada memiliki banyak keunggulan, yang salah satunya adalah dari segi keamanan. TrueOS memiliki sistem berkas yang terenkripsi sendiri dan sistem keamanannya sendiri, sehingga membuatnya aman dari para mata-mata dan pencuri data diinternet.

2.       Menggunakan program atau aplikasi.


Diantara program  aplikasi-aplikasi yang dapat digunakan untuk mengakses internet secara anonymous adalah :




-          Melalui proxy. Proxy atau proxy Server adalah sebuah server yang memungkinkan Anda menjelajahi internet secara pribadi di bawah Alamat IP yang berbeda. Ini pada dasarnya kita menjelajah web di komputer yang berbeda terhubung ke koneksi internet yang berbeda. Karena server proxy menjadi jauh dan mungkin jauh dari Anda, mereka biasanya lambat atau lebih lambat dari kecepatan internet normal Anda. Menggunakan server proxy tidak berarti bahwa komputer Anda tidak merekam riwayat internet Anda, yang harus dihapus oleh Anda secara manual.TOR. Tor adalah jaringan terbuka dan terdistribusi yang membantu mempertahankan terhadap analisis lalu lintas, suatu bentuk pengawasan jaringan yang mengancam kebebasan dan privasi pribadi, kegiatan dan hubungan bisnis rahasia, dan keamanan negara. Tor melindungi Anda dengan memantulkan komunikasi Anda di sekitar jaringan relay yang dijalankan oleh sukarelawan di seluruh dunia: Tor mencegah seseorang menonton koneksi internet Anda dari mempelajari situs apa yang Anda kunjungi, dan itu mencegah situs yang Anda kunjungi dari mengetahui lokasi fisik Anda. TOR berjalan pada hampir semua platform sistem operasi mulai dari MAC OS,  Android (Orbot), Linux, dan Windows.

-          VPN. VPN adalah program yang dapat digunakan untuk banyak tujuan. Singkatan dari Virtual Private Network. Fungsinya untuk menutupi alamat IP, membuka blokir jaringan besar, yang memungkinkan alamat IP Anda tidak terungkap. Walaupun hal ini tidak sepenuhnya benar, karena sebuah studi baru menunjukkan bahwa NSA dapat membuka kedok VPN pada level tertentu.

-          Fake identity atau identitas palsu. Dengan menggunakan identitas palsu sesorang dapat mengakses internet melalui jalur yang tidak biasa. Berbeda dengan dengan proxy yang memindahkan jalurnya, penggunaan identitas palsu ini yang dirubah adalah identitasnya.
Contoh penggunaan identitas palsu adalah dengan menggunakan fage GPS.

Selanjutnya bias dilihat pada Daftar aplikasi utnuk tampil Anonymous bagi pengguna android.


Posting Komentar

0 Komentar